OFFICIAL SAKA CAKRAWARTI

Home Top Ad

WEBSITE RESMI SAKA CAKRAWARTI KWARCAB KABUPATEN SUBANG

Belajar Pramuka di Dua Dunia


Selamat Datang Kembali sahabat netter dan scouter dimana saja anda berada, berbeda dengan hari biasanya, dimana admin selalu posting tentang Materi Pramuka, kali ini admin hanya ingin mengajak saja seluruh anggota pramuka semuanya untuk terus memperdalam pengetahuan dan informasi agar Ilmu Pramuka yang sudah ada bisa terus di upgrade. 
Beberapa adik-adik pramuka yang admin lihat dilapangan merasa bahwa belajar pramuka itu merupakan hal yang lumayan sulit, lebih-lebih ke arah pengetahuan yang bersifat hafalan, menurut saya sendiri adik-adik pramuka sering berkata seperti itu karena kurangnya media dan variasi cara belajar pramuka yang baik. hanya mentok pada sebuah buku yang ada, malahan lebih kusamnya lagi keberadaan buku pramuka saat ini masih sangat amat terbatas.
Nah, lalu bagaimana cara belajar pramuka yang baik itu, admin hanya melihat beberapa pengalaman saja yang pernah admin terapkan sewaktu di Gugus Depan Penegak dulu, cara yang paling efektif untuk memancing daya dan semangat adik-adik dalam belajar pramuka adalah dengan memberikan materi ringkas pramuka dan praktis, jangan terlalu lengkap tapi masukkan list materi yang seharusnya mereka tau, kemudian berikan tantangan kepada adik-adik untuk dapat menjawab materi yang kita maksud, lebih hebat lagi apabila mereka mampu menjelaskanya. Misalnya pada materi pramuka Sandi, kita cukup memberikan sedikit tentang pengertian sandi, sejarah singkat sandi dan beberapa macam sandi saja, kemudian buatkan pula list-list sandi yang harus mereka pahami serta berikan tantangan kepada adik-adik untuk berekperimen membuat sandi sendiri.
Cara diatas memang belum 100 persen berhasil, namun setidaknya ada hal yang berbeda dengan sebuah kata tantangan "siapa yang bisa, siapa yang berani, dsb yang dapat mengajak pramuka itu untuk belajar lebih semangat.
Pada penerusanya sebisa mungkin bagi adik-adik belajar lewat media lain, misalnya internet, karena berdasarkan hasil survey admin banyak sekali para kakak-kakak pramuka yang rela menulis materi - materi pramuka sederhana untuk berbagi di Internet, dan itu sangat berguna sekali untuk mengupdate pengetahuan peserta pramuka. jadi istilahnya dapat admin sebut dengan belajar pramuka di dua dunia, dunia nyata dan dunia maya.

Tentang belajar pramuka di dunia nyata mungkin sebatas latihan biasa saja yang dapat kita modifikasi dengan se kreatif mungkin sehingga adik-adik tidak jenuh. selepas itu, di dunia maya juga tidak jauh berbeda, hanya saja perbedaan karakteristik tempat, budaya dan lain sebagainya serta karakteristik kurikulum pramuka yang berbeda dapat membuat variasi yang baik untuk saling melengkapi satu sama lainya.
Bagaimana belajar pramuka di dunia maya ? Admin mengajak para pembina, adik-adik dan kakak-kakak pramuka untuk membuat blog/website/forum untuk belajar pramuka secara online dan aktif untuk menulis materi pramuka secara online, setidaknya bisa bermanfaat bagi penulis untuk mereview kembali apa saja yang telah ia tahu.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
OFFICIAL SAKA CAKRAWARTI