OFFICIAL SAKA CAKRAWARTI

Home Top Ad

WEBSITE RESMI SAKA CAKRAWARTI KWARCAB KABUPATEN SUBANG

Letnan Kolonel Inf. Ujang Sudrajad : Gerakan Pramuka Harus Menjadi “Penyelamat” Generasi Muda Bangsa Indonesia

Kejayaan suatu bangsa terdapat di tangan para generasi penerus bangsanya. Kualitas suatu bangsa dapat tercermin dari kualitas generasi mudanya. Kaum mudalah yang akan menggantikan generasi tua menjadi pemimpin bangsa. Namun, tidak bisa dipungkiri lagi kita semua prihatin dengan banyaknya generasi muda yang telah kehilangan jiwa dan karakter kebangsaan. Budaya asing yang bersifat negative begitu mudahnya mempengaruhi generasi muda zaman sekarang, prilaku-prilaku menyimpang seperti pergaulan bebas, narkoba, tidak hormat kepada orang tua dan lain sebagainya. Untuk itulah, gerakan pramuka sebagai salah satu elemen bangsa harus ikut mewujudkan anggotanya yang berakhlak mulia, berkepribadian, berkarakater, berwatak dan memiliki jiwa bela Negara. Dengan situasi dunia yang semakin mengglobal, maka menjadi penting pendidikan jiwa Bela Negara dalam pendidikan kepramukaan, seperti yang tertuang dalam Pasal 4 UU No 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka bahwasanya “Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup”. 

Hal ini menjadi tantangan Gerakan Pramuka dalam mewujudkan cita-citanya menjadi pilihan utama dan solusi handal masalah-masalah generasi muda. Gerakan pramuka dengan Try Satya dan Dasa Dharmanya, setiap anggotanya harus berkomitmen terhadap ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan siap mepertahankan Negara kesatuan Republik Indonesia, serta ikut serta dalam pembangunan dalam rangka mewujudkan masyarakat Indosnesia yang sejahtera. 

Dengan demikian, setiap anggota Gerakan pramuka tidak diragukan lagi komitmennya terhadap NKRI. Kader-kader bangsa yang berasal dari Pramuka, Insya Allah bangsa ini akan memiliki pemimpin masa depan yang tidak diragukan lagi komitmennya terhadap Bangsa dan Negara. Pendidikan kepramukaan diperlukan dewasa ini ketika banyak kaum muda yang terjerumus dalam kesesatan. Pendidikan bela Negara, patriotism pembangunan dan perekat bangsa menjadi harapan masyarakat terhadap Gerakan Pramuka dewasa ini. Disinilah makna Revitalisasi Gerakan Pramuka bagi bangsa Indonesia. Gerakan Pramuka harus menjadi penyelamat dari Generasi Muda masa Depan Bangsa Indonesia, demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera. 

Penulis adalah Dandim 0618/BS Bandung dan Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Wirakartika Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bandung.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
OFFICIAL SAKA CAKRAWARTI